Monday, March 23, 2009

Fenomena Baru Manga Dunia, Eyeshield-21


Gile, rasanya telat banget buat aku nulis soal ni manga yang belakangan makin booming aja. Rasanya jadi ketinggalan gitu. Kok jadi curhat !!! Oke, saatnya kita ngebahas soal manga sport yang menggoyahkan hegemoni
the top three dunia manga ini, Eyeshield 21 karya Riichiro Inagaki.

Manga yang mulai membuat rusuh dunia manga Indonesia ini berkisah tentang seorang anak kelas 1 SMU bernama Sena Kobayakawa. Sejak kelas 1 SD dia sudah menjadi pesuruh dan korban kenakalan anak-anak lain karena tubuhnya yang kecil. Nah! Siapa sangka kalau pengalaman (?) menjadi pesuruh selama 10 tahun ini membuatnya memiliki kemampuan lari yang mengagumkan.

Nah!! Bakat lari Sena ini (entah untung atau tidak ^_^) diketahui oleh kapten klub American Football SMU Deimon, Youichi Hiruma. Maka, Sena diminta (atau dipaksa ya??? He..2) untuk bergabung dengan tim Deimon Devil Bats. DAN, untuk menjaga Sena dari kejaran klub-klub olahraga lain, Hiruma menyuruhnya untuk bermain dengan sebuah helm ber-eyeshield. Maka lahirlah Eyeshield 21!!

Seiring dengan tiap pertandingan, ia yang awalnya masuk klub karena dipaksa akhirnya menjadi sangat menyukai American football. Pertemuannya dengan orang yang kemudian menjadi rivalnya, Seijuro Shin, bergabungnya anggota-anggota baru Devil Bats, termasuk orang yang kemudian menjadi sahabat Sena, Raimon Tarou (yang dipanggil Monta) memantapkan langkah Sena untuk maju di dunia American Football. Dari turnamen nasional sampai dunia!!

Ni manga keren banget!! ceritanya mungkin biasa aja buat manga sport, yah paling dari tim underdog yang berusaha mencapai mimpi memenangi sebuah kejuaraan. Emang hampir semua manga sport seperti itu, tetapi entah kenapa Eyeshield 21 memiliki daya tarik yang berbeda.

Daya tariknya itu mulai dari sosok Sena yang tidak lazim sebagai seorang ace olahraga karena tubuhnya yang kecil dan "hanya" memiliki bakat lari, humor-humor dari tokoh-tokohnya. Contoh: Monta yang konyol dan paling senang pisang ^_^ sampai Shin yang cool, jago, tapi gaptek banget. Sampai (daya tarik yang paling utama kayaknya nih!!!) sosok "seorang" Youichi Hiruma!!! Sosok Hiruma-lah yang memikat 90 % fans Eyeshield di dunia. Aku aja terkesima, jenius, licik, berbahaya!!, benar-benar setan, tetapi seorang komandan dan kapten yang luar biasa!!

Pokoknya ni manga direkomendasikan banget buat dibaca. Nggak baca pasti nyesel deh!!!

Artikel Terkait :




1 comment: