Sunday, August 09, 2009

Adu Inteligensi Bertaruhan Nyawa, Death Note

Kalimat pertamaku adalah: keren banget!! Jarang banget ada manga yang konflik dan plotnya serumit dan sepanas ni manga. Walau ada yang berpendapat plotnya sulit dipahami dan kisahnya kejam sehingga tidak cocok dibaca, oleh anak-anak. Hmm... aku nggak sependapat coz memang itulah tema ni manga, sebuah adu otak yang bertaruhkan nyawa! Death Note!

Berkisah tentang
seorang anak SMA jenius bernama Light Yagami (Raito Yagami di scanlation awal). Suatu hari, ia menemukan sebuah buku catatan yang terjatuh. Ternyata, buku itu adalah Death Note, buku catatan Dewa Kematian yang mereka gunakan untuk mencabut nyawa manusia. Nama manusia, siapapun dia yang ditulis di dalam buku itu akan mati dalam jangka waktu 40 detik. Tetapi, sang penulis nama memiliki waktu 6 menit 40 detik untuk menulis cara kematian bagi sang korban, termasuk cara, tanggal, dan jam kematian. Jika tidak ada penjelasan, orang itu akan mati karena serangan jantung.

Death Note yang ditemukan oleh Light adalah milik Dewa Kematian Ryuuku. Ryuuku bosan dan menganggap kehidupannya dirinya dan para Dewa Kematian lain tidak memiliki arti. Dengan jatuhnya Death Note ke tangan Light, Ryuuku merasa kehidupannya menjadi semakin menarik. Light dengan idealisme dan kecerdasannya menggunakan Death Note sebagai sarana menciptakan sebuah dunia baru, dunia tanpa kejahatan, dengan cara menghukum mati para penjahat. Dengan menghukum mati para penjahat ia berharap bahwa semua orang akan tahu bahwa "jika berbuat jahat, kematian akan menghukummu" sehingga tidak akan ada orang berani berbuat jahat. "I'll become the God of the new world," begitulah tekad Light yang diucapkannya pada Ryuuku.

Tidak butuh waktu lama bagi dunia untuk menyadari bahwa telah muncul seorang "pengadil" sekaligus "penghukum" bagi para penjahat. Puluhan penjahat mati tiap harinya oleh serangan jantung dan masyarakat dunia menjuluki sang eksekutor, Kira. Banyak orang menganggapnya pembunuh maniak, tetapi tidak sedikit yang memujanya.

Pembantaian massal para penjahat ini tidak lepas dari perhatian polisi di seluruh dunia. Pembunuhan adalah pembunuhan, siapapun korbannya. Inilah idealisme yang diusung oleh para penegak hukum. Tetapi, keberadaan "Kira" bagaikan hantu, mustahil ditangkap. Akhirnya, sang detektif legendaris terbaik dunia yang dijuluki L, turun tangan untuk menangkap Kira. Melalui tantangan yang dipublikasikannya di televisi, L mengetahui lokasi Kira (Light) dan bertekad untuk menyeret Kira ke hadapan eksekutor. Light, bertekad untuk menemukan nama asli L untuk membunuh L dan menciptakan utopianya, sebuah dunia tanpa kejahatan. "I'm justice," itulah keyakinan L dan Light. Sebuah kontes mematikan pun dimulai, antara dua orang yang tidak mengenali satu sama lain dan berusaha mati-matian saling menemukan identitas. Orang pertama yang kalah akan mati. Kontes mematikan yang menentukan arah dunia.

Bagaimana akhir persaingan Kira dan L???? It's secret. Kalau dikasih tahu tidak akan menarik jadinya kan. Yang jelas, sistem persaingan mereka berdua benar-benar luar biasa. Sebuah persaingan otak tingkat tinggi dengan plot rumit yang dibangun mereka berdua untuk menemukan identitas masing-masing. Mereka berdua benar-benar dua orang paling jenius. Ck.... 


Walaupun ni manga udah tamat (beneran! nggak usah nunggu) aku sangat merekomendasikan ni manga buat dibaca. Genre manga ini masih jarang, apalagi sebuah manga yang tokoh utamanya kontroversial dengan idealisme Light menghukum mati para penjahat. Dan makin ke volume belakang, semakin mengerikan aja plotnya. The only manga yang tokoh utamanya semakin bergeser menjadi, hmm, jahat mungkin kata yang tepat, ya? Membuat mulut ternganga ... mulai dari terpesonanya kita dengan sosok Light beserta kekejaman, kelicikan, dan kejeniusannya sampai pesona sosok L, ciri khasnya, keunikannya, dan plot yang dibangunnya. Oke punya ....!! Ditambah lagi endingnya yang .... WAH!!

Artikel Terkait :




No comments:

Post a Comment