Monday, June 07, 2010

Sebuah Kontrak untuk Nyawa, Hanatsuki Hime

Aduh, kalau lihat judulnya jangan menganggap ini manga seram atau serius, yah. Justru sebaliknya ini manga yang ceritanya indaaaaah.... sekali! Salah satu manga shojo yang memikat hatiku. Manga ini benar-benar jarang dikenal orang. Aku saja baru tahu ada manga ini sewaktu iseng-iseng berkeliaran di Yahoo! Answer. (terima kasih untuk penggemar manga yang suka membagi kabar manga unik favorit mereka ^_^).

Manga yang kutulis ini berjudul Hanatsuki Hime. Berkisah tentang Lys, seorang gadis penari jalanan, yang melakukan perjalanan dari kota ke kota. Ia ditemani Siva, seorang pemuda tampan yang ditemuinya di suatu malam di gurun pasir. Siva-lah yang selalu menjaga dan melindungi Lys sejak ia kecil. 

Lys memiliki sebuah gambar bunga indah yang menghiasi dadanya. Orang yang tidak mengerti artinya selalu menganggapnya sebagai bunga yang indah. Tetapi, begitu mereka memahami arti dibalik gambar itu, mereka selalu menjauhi Lys. Sebab, gambar bunga indah itu adalah tanda yang dimiliki manusia yang nyawanya sudah terikat kontrak dengan iblis.



Sewaktu Lys lahir, jantungnya sudah tidak berdetak. Ibunya lalu memanggil seorang iblis kelas tinggi dan memohon agar iblis itu bersedia meminjamkan jantung untuk putrinya. Iblis itu bersedia, tetapi saat Lys berusia 16 tahun, iblis itu akan mengambil kembali jantungnya. Manusia yang meminjam jantung iblis ini disebut "hanatsuki" karena tanda berbentuk bunga indah yang mereka dapatkan sebagai tanda kontrak dengan iblis.

Sekarang Lys sudah berusia 15 tahun. Nyawa yang dipinjamnya itu akan berakhir 1 tahun lagi. Maka, Lys berusaha mencari iblis yang memegang kontrak nyawanya untuk menemukan cara memperpanjangnya nyawanya. Bersama Siva, Lys memulai perjalanan panjang melintasi gurun. Dalam perjalanannya, Lys dan Siva bertemu dengan Pangeran Russet, pangeran pertama kerajaan Iolite, dan jin cincin miliknya, Thor. Setelah melewati beberapa kejadian, Thor dan (kemudian) Russet kemudian menyertai Lys dan Siva dalam perjalanan mereka, perjalanan untuk mencari iblis yang meminjamkan jantungnya pada Lys. Tetapi, Russet dan Thor mengetahui sebuah rahasia tentang iblis itu. Rahasia yang tidak diketahui oleh Lys.

Dalam perjalanannya, Lys bertemu dengan seorang hanatsuki lain, seorang pemuda bernama Malouf. Ia hidup bersama istrinya, Fatima, yang dikenalnya sejak 16 tahun yang lalu. Tetapi, Lys kemudian mengetahui sebuah kenyataan menyakitkan, kenyataan bahwa Fatima, yang selalu menyertai dan melindungi Malouf, adalah iblis yang meminjamkan jantungnya pada Malouf. Saat itu, Lys mengetahui bahwa semakin mendekati waktu habisnya perjanjian, iblis yang meminjamkan jantungnya akan semakin menderita. Bila mereka tidak mengambil kembali jantung mereka pada hari perjanjian, mereka akan kehilangan dirinya sendiri, kesadaran dan ingatannya.

Iblis meminjamkan jantung mereka pada manusia agar mereka bisa merasakan emosi seperti manusia. Pada akhirnya, hal ini sering kali membangkitkan perasaan iblis itu sendiri. Menjelang hari perjanjian, Fatima semakin menjauhi Malouf walaupun hal itu menyiksanya. Pada akhirnya, pilihan Malouf adalah mengembalikan jantung itu pada Fatima, dengan perasaan terima kasih untuk kehidupan yang diberikannya, dan juga karena Fatima selalu ada untuknya. Kejadian ini membuka mata Lys, membuatnya menyadari apa yang ia coba minta pada iblisnya itu. Membuat Lys bertanya-tanya, pilihan apa yang akan ia ambil bila waktunya tiba. Tetapi, ia tidak menyadari bahwa pilihan itu ternyata begitu dekat dengannya.

Kisah manga ini indaaaah sekali. Selain itu, manga ini sudah selesai jadi anda bisa membacanya sampai puas. Setting kisahnya seperti dongeng seribu satu malam, dengan setting di negeri gurun pasir, jin cincin, dan segala budayanya. Kisahnya indah. Menyakitkan, tetapi juga indah. Sebuah kisah hubungan manusia dan iblis. Membuat kita menyadari apa itu arti hidup, dan apa yang paling penting dalam hidup. This manga is worth reading, guys!

Artikel Terkait :




2 comments:

  1. EMANG INI KEREN BGT LAH MANGANYA *caps jebol*

    ReplyDelete
  2. Ada lanjutanyalanjutanya kakak. :) hanatsuki hime 2

    ReplyDelete