Friday, November 30, 2012

Mari Menyelami Dunia 07 Ghost

Dunia perkomikan saat ini (baca: manga) tidak pelak lagi sangat didominasi oleh kisah adventure yang ringan, persahabatan klasik, dan tema happy ending. Mungkin bagi sebagian orang itu adalah kisah yang bagus, tetapi tentu kita nggak mungkin menolak jika ada variasi kisah dengan tema yang luar biasa 'kan? Di sinilah aku ingin perkenalkan manga luar biasa, 07 Ghost oleh Yuki Amemiya.

Kisah ini bersetting di sebuah dunia luar biasa, yang dapat kita sebut futuristik sekaligus sangat mythical. Sebagian orang di dunia ini memiliki kekuatan khusus yang disebut zaiphon, yakni kemampuan memanifestasikan energi dan perasaan dalam kata-kata perintah. Penggunaan zaiphon adalah inti dari kekuatan militer semua negara. 

Dunia ini terbagi menjadi beberapa kota, kerajaan, dan pemerintahan lain yang berdiri masing-masing. Akan tetapi, dua pemerintahan terkuat adalah Kekaisaran Barsburg dan Kerajaan Raggs

Kedua kekuasaan adidaya ini masing-masing memiliki artifak mistis yang menyimpan kekuatan dewa, yakni Michael's Eye yang dimiliki Kerajaan Raggs dan Raphael's Eye yang dimiliki Kekaisaran Barsburg. Sebagai kedua kekuatan yang sama besarnya, mereka berfungsi saling mengawasi dan terikat perjanjian damai. Akan tetapi, 10 tahun sebelum kisah ini dimulai, Barsburg menyatakan perang kepada Raggs. Raggs kalah pada perang tersebut dan keberadaannya dihapuskan dari dunia.

Tokoh utama kita, Teito Klein, adalah murid di Akademi Militer Barsburg. Ia tidak memiliki ingatan atas masa lalunya dan dibesarkan sebagai budak tempur. Sebagai seorang mantan budak tempur dan murid jenius akademi, ia dihindari oleh sebagian besar murid lainnya. Satu-satunya sahabatnya adalah Mikage, yang selalu ada untuk dirinya. 

Kehidupan Teito berubah drastis pada hari ujian terakhir kelulusan akademi. Pertemuannya dengan Kepala Staf Ayanami telah memicu ingatannya yang terpendam. Ingatan itu begitu menyakitkan dan mendorongnya untuk menyerang Ayanami. Atas perbuatannya, Teito dijebloskan ke penjara dan terancam hukuman mati. Tidak ingin melihat Teito dihukum mati, Mikage menerobos penjara untuk menyelamatkan Teito. Teito berhasil melarikan diri, tetapi ia harus meninggalkan Mikage.

Dalam pelariannya, Teito terdampak ke Distrik 7 dan bertemu Frau dan Castor,  dua uskup Ordo Barsburg. Distrik 7 adalah distrik spesial yang merupakan pusat Ordo. Selama ratusan, Gereja Ordo Barsburg yang dipimpin oleh sang Paus, adalah kekuatan ketiga yang menjadi penengah disamping Kerajaan Raggs dan Kekaisaran Barsburg. Begitu kuatnya posisi Ordo sehingga Distrik 7 memiliki hukum sanctuaria; semua orang yang masuk ke distrik 7 mendapat perlindungan Ordo dan tidak ada satupun hukum di luar yang dapat memengaruhinya.


Ordo memiliki kekuasaan sedemikian rupa sebab mereka adalah satu-satunya yang melindungi manusia dari Kor, iblis penghasut manusia. Legenda bercerita tentang Verloren, sang Dewa Kematian yang merupakan ciptaan Raja Langit yang paling sempurna. Sayangnya, konon Verloren melakukan kejahatan di Surga sehingga ia melarikan diri ke dunia. Di dunia, Verloren menyusupkan kegelapan ke dalam hati manusia dan menciptakan kengerian dan kesengsaraan. Demi menolong manusia dari kengerian ini, sang Raja Langit mengirimkan tujuh cahaya untuk menyegel Verloren. Tujuh cahaya ini adalah tujuh dewa pelindung manusia. Mereka disebut 07 Ghost.

Sayangnya, sebelum disegel, Verloren melepaskan kaki-tangannya, mereka yang melanjutkan misi untuk menyebarkan kegelapan bagi manusia, yakni para Kor. Mereka mengumpulkan jiwa manusia dengan menawarkan 3 permintaan kepada mereka. Setelah permintaan ketiga dipenuhi, jiwa manusia itu akan jatuh ke kegelapan. 

Legenda juga menyebutkan 07 Ghost yang tercipta dari bagian Verloren sekalipun tidak mampu menghancurkan Verloren. Mereka hanya mampu menyegelnya. Sejak saat itu, tanggung jawab penyegelan Verloren berada di tangan kedua artifak legendaris. Michael's Eye menyegel tubuh dan kekuatan Verloren di dalam apa yang disebut Pandora's Box, sedangkan Raphael's Eye menyegel jiwa Verloren sehingga jiwa Verloren terus berinkarnasi sebagai manusia, tanpa memiliki ingatan kehidupannya yang lalu.

Ternyata, Distrik 7 sekalipun tidak mampu melindung Teito dari ancaman yang mengincarnya. Ingatan Teito yang mulai kembali membuka tabir kelam identitasnya sebagai pewaris takhta Kerajaan Raggs, satu-satunya yang tersisa dari keluarga kerajaan Raggs (ehem!). Ditambah lagi dengan kenyataan bahwa ia menyandang Michael's Eye, yang telah hilang selama 10 tahun dan diincar mati-matian oleh Kekaisaran Barsburg. Hidup Teito dipenuhi ancaman dari berbagai sisi, terutama militer Barsburg. 

Namun, Ayanami ternyata juga tidak akan melepaskan Teito dengan mudah. Ia memiliki alasan sendiri kenapa ia menginginkan Teito. Dan Ia akan melakukan apapun untuk mendapatkan Teito, hingga mengubah hidup Teito menjadi neraka jika perlu.


Manga ini benar-benar memanjakan para penggemar komik! Pertama, para cewek penggemar komik benar-benar dimanjakan oleh ilustrasi di komik ini. OMG!! Semua karakternya cuakeeeep banget! Mulai dari Teito, Mikage, dan Labrador yang cute. Frau yang tipe bad boy. Castor yang tipe clever charming. Sampai para antagonisnya, yang (aku gak tau harus ngomong apa lagi) super cakep banget. Black Hawk yang luar biasa itu, dengan top-nya adalah Hyuuga yang super badass dan cute bersamaan, serta Ayanami yang membuatmu speechless. 

Namun, para cowok tidak perlu khawatir. Walaupun penuh dengan cowok keren sebagai karakternya, cerita manga ini juga memang luar biasa. Alur rumit dan kompleks digabung dengan action yang mumpuni. Apa kalian pernah baca Pandora Hearts? Jika ya, kalian pasti paham apa maksudku dengan alur yang kompleks. 

Well, tingkat kerumitannya memang tidak selevel Pandora Hearts (yang dasarnya levelnya udah ketinggian dalam hal plot twist, tunggu reviewku nanti), tetapi kurang lebih sebanding dalam hal banyaknya plot twist dan level 'kegilaan' plot twist. Jangan tertipu bagian awal dimana kalian dapat dengan sangat mudah menduga beberapa rahasia (Frau sebagai Zehel, atau Ayanami yang adalah inkarnasi Verloren). Seiring berlalunya waktu, kejutan yang menunggu tidak akan terduga lagi. 

Tragedi dan karakter. Ini juga kelebihan utama manga ini. Apakah kalian bosan dengan manga ringan yang cerah dan selalu berakhir bahagia? 07 Ghost memiliki kedalaman kisah dan (mungkin) satu-satunya manga yang kita paham dari awal bahwa kemungkinan besar akhirnya adalah tragedi. Begitu banyak kematian dan kehilangan yang dialami Teito sehingga rasanya seperti mengiris-ngiris hati. Tragedi ini juga tidak hanya dialami Teito. Karakter lain juga mengalami masa lalu yang menyakitkan, seperti Castor, Labrador, Frau, hingga Ayanami sendiri (yah, sebagai dirinya di masa lalu sih ^^).

Well, aku juga perlu mengingatkan bahwa tidak ada hitam-putih antagonist-protagonist di manga ini. Kita tidak dapat membenci Kaisar Barsburg karena apa yang telah ia lakukan pada Raggs. Kita juga nggak bisa membenci Black Hawk dan Ayanami sekalipun mereka telah membuat hidup Teito begitu menderita. Yah, siapa yang dapat membenci Ayanami? Respek kita pada sang villain yang sebenarnya juga dapat timbul nanti setelah kalian memahami kisahnya. Yah, walaupun alasannya sangat gila dan sinting, tetap saja alasan yang masuk akal. 

Jika 07 Ghost memiliki kekurangan, menurutku hanya ada dua. 

Pertama, ilustrasinya tergolong kasar dan gelap, terutama di bagian awalnya. Ini adalah kekurangan yang paling fatal. Adegan pertempurannya membuat mataku sakit karena tidak dapat membedakan mana yang zaiphon, tangan, pedang, atau sabit. Gambar di versi official volumenya juga terkesan gelap dan tidak bersih. Akibatnya, aku lebih suka membaca edisi scanlation yang lebih bersih dan jelas (walaupun aku beli versi resminya, tentu saja).

Kedua, aku tidak menganggap ini kekurangan tetapi rasanya beberapa plot twist terasa muncul tiba-tiba. Oke, aku memang salah soalnya membayangkan Pandora Hearts disini. Semua twist di Pandora Hearts, seberapapun gila dan mengejutkannya, sudah diberikan clue sejak awal. Clue itu bertebaran sehingga ketika kebenaran diketahui pemcaba dapat langsung menghubungkan. Ini berbeda dengan 07 Ghost dimana tidak ada clue seperti itu, tetapi semua twist yang terjadi tetap terasa cocok karena ceritanya yang emang udah keren abis ini (^_^).

Berikut adalah bahasan tentang plot twist. Hindari jika Anda tidak ingin kena spoiler-super-berat! (Block to read)

Kenyataan bahwa Jack adalah main antagonis Pandora Hearts memang membuat fans menjerit-jerit, tetapi ini diterima soalnya memang clue ini sudah bertebaran dari awal (silakan baca awalnya). Bandingkan dengan kenyataan bahwa Landkarte (salah satu 07 Ghost) adalah the evil behind the scene. Kenyataan ini memang sudah ada beberapa clue sebelumnya, tetapi masih sangat terasa out of nowhere dibandingkan kenyataan Jack yang langsung diterima para fans. 

Lalu, ada juga fakta bahwa Ayanami adalah paman Teito, pangeran Raggs, dan adik dari Krom dan Kreuz. Oke, ini super gila soalnya itu berarti Ayanami membunuh kedua saudaranya, menyengsarakan hidup keponakannya, dan menghancurkan negerinya. Tetapi, fakta ini benar-benar terasa out of nowhere!! Mulutku melongo baca ini! Semua clue yang ada membuatku mengambil kesimpulan bahwa Ayanami memang berasal dari keluarga kerajaan dan memiliki alur keturunan yang dekat dengan takhta. Tapi, aku menduga ia adalah anggota keluarga kerajaan Barsburg, bukan Raggs!!!


Huff, sekian protes saya. Di samping segala kekurangan manga ini, this is one of the best manga I ever read!!

Artikel Terkait :




5 comments:

  1. ini buku komik hantu ya..pasti bagus

    ReplyDelete
  2. Em... nggak juga sih. >_<
    Malah lebih berisi pertarungan antara malaikat dan iblis. Cuma wujudnya aja yang agak beda. Wujud dewa (malaikat) di sini malah seperti shinigami sedangkan wujud Kor (iblis) memiliki sayap tulang gitu. Yah, walaupun ada malaikat lain yang muncul sih. Dan perwujudan Sang Setan di sini sendiri agak (banyak) berbeda.

    Nah, tokoh yang merupakan perwujudan dewa itu yang disebut Seven Ghost. Jadi, bukan soal hantu. Ya tadi malaikat vs iblis, bertema kuat itologi agama (walaupun bukan satupun agama yang ada di dunia kita loh!)

    ReplyDelete
  3. ok fix.. aku mw cosplay jadi karakter teito..

    ReplyDelete
  4. kk kapan epsnya di sambung lg?
    masa cuma sampai eps25? memang animenya enak dan seru,kalo memang epsnya cuma 25 knp akhirnya aneh? masa akhirnya Teito Klein pergi sama frau untuk cari masa lalu Teitto yg ilank?

    ReplyDelete
  5. kk tolong espnya di lanjutin ya.
    itu cuma sampai eps 25,ga enak n ga seru kalau cuma sampai sgt.

    ReplyDelete