Monday, January 05, 2009

Saingan Baru Harry, Septimus Heap


Setelah demam Harry Potter (hampir) berakhir dengan terbitnya buku ke-7, muncul buku baru yang tidak kalah dengan Harry. Apalagi kalau bukan serial baru karya Angie Sage, kisah Septimus Heap.

Hyo hyo...buku ini sudah (cukup) lama terbit di Indonesia. Tetapi, entah kenapa, ni buku kelihatannya belum ramai dibahas oleh bookaholic Indonesia. Ya.. coba aja ketikkan keyword Septimus Heap magyk di paman google. Dan kalian akan melihat bahwa tulisan dari Indonesia masih sedikit. Padahal buku ini bagus sekali.

Buku pertama dari serial ini berjudul magyk. Kisahnya bermula dengan kelahiran putra ketujuh seorang Penyihir Biasa Silas Heap, Septimus. Begitu putranya lahir, Silas pergi menemui tabib untuk mengambil obat untuk putranya yang baru lahir. Dalam perjalanan pulang, Silas menemukan seorang bayi perempuan di tengah hutan bersalju. Anak itu ditakdirkan untuk menjadi anakmu, begitulah perkataan bayangan yang muncul ketika Silas mengambil anak itu. Silas memutuskan untuk membawa anak itu ke rumahnya. Betapa kagetnya Silas saat istrinya Sarah mengatakan bahwa putra mereka Septimus meninggal. Sejak saat itu, bayi perempuan itu menjadi keluarga mereka. Mereka menamakannya Jenna.

Ternyata, Jenna adalah sang Putri pewaris Kastil. Ibunya, sang Ratu terbunuh ketika Jenna baru lahir. Ia dibunuh oleh para pengawalnya sendiri, yang kemudian mengambil alih kuasa Kastil. Bersama dengan sang Ratu, mantan guru Silas, sang Penyihir LuarBiasa Alther Mella juga terbunuh. Tetapi, ternyata sang Putri selamat. Setelah mengetahui hal tersebut, Silas dan Sarah bertekad menjaga Jenna.

Setelah lewat sepuluh tahun, keberadaan Jenna terungkap juga. sang Penyihir LuarBiasa, murid Alther, Marcia Overstrand (yang dahulu memberikan Jenna pada Silas) membawa Jenna pergi dari Kastil demi keselamatannya. Silas dan seorang putranya Nicko memaksa untuk pergi bersama Jenna. Bersama dengan mereka ikut seorang anak bernama Bocah 412, anggota Laskar Pemuda; yakni satuan pembuangan bagi para anak laki-laki yatim piatu di kastil, yang mereka selamatkan saat tertimbun salju. Ternyata kepergian Marcia dan Jenna membuat mantan Penyihir LuarBiasa, sang necromancer DomDaniel yang dahulu berhasil diusir Alther, dapat kembali ke Kastil. Maka dimulailah usaha panjang Jenna, Nicko, Marcia, Silas, dan Bocah 412 untuk menjatuhkan DomDaniel.

Siapa sih tokoh utama ni novel? ya.. memang di awal novel belum terlihat secara pasti siapa sebenarnya tokoh utama novel ini. Tetapi, seiring berjalannya cerita, fokus penceritaan akan terpusat pada dua tokoh penting, yakni Jenna dan Bocah 412. Eh, kenapa Bocah 412 yang muncul tiba-tiba di cerita bisa jadi tokoh utama? YAH, sebab.... Baca aja ceritanya....

Novel ini punya daya tarik. Ceritanya juga asyik dengan alur dan banya kejadian yang tidak dapat diduga. Banyak kejutan yang muncul dalam cerita sehingga membalik tiap halaman adalah hal yang menyenangkan. Untuk para pencinta buku umumnya, novel ini pantas sekali dibaca. Dan untuk para Pottermania yang masih merasa kehilangan (^_^), novel ini bisa jadi pelipur lara yang menyenangkan.

Artikel Terkait :




No comments:

Post a Comment