Saturday, November 07, 2009

The Tales of Beedle the Bard, atau Kisah-kisah Beedle si Juru Cerita


Wow, setelah lama mencari kesempatan untuk membaca karya terbaru JK Rowling ini akhirnya tiba juga kesempatan untuk membaca The Tales of Beedle the Bard, atau Kisah-kisah Beedle si Juru Cerita. Buku terakhir JK Rowling yang berhubungan dengan Harry Potter.

Para penggemar Harry Potter harusnya sudah tahu mengenai buku Beedle ini. Seperti yang ditulis Rowling pada bagian awal buku ini, Beedle hidup sekitar abad ke-15. ia merupakan penyihir yang cukup menyukai Muggle, beranggapan mereka tak tahu apa-apa tetapi juga tidak membenci mereka. Oleh karena itu, banyak kisah-kisah Beedle yang menunjukkan toleransinya pada para muggle.


Seluruhnya, ada lima dongeng dalam buku ini, yaitu Sang Penyihir dan Kuali Melompat, Air Mancur Mujur Melimpah, Penyihir Berhati Berbulu, Babbity Rabbity dan Tunggul Terbahak, dan Kisah Tiga Saudara. Semua kisah ternyata memiliki pesan dan karakter unik sendiri-sendiri.

Sang Penyihir dan Kuali Melimpah berkisah tentang seorang penyihir tua yang senang membantu tetangganya walupun mereka muggle. Setiap ada orang yang membutuhkan bantuan, ia akan beranjak ke kuali tuanya dan membuat ramuan untuk membantu mereka. Itulah mengapa tetangga-tetangganya sangat menyukainya. Penyihir tua itu ingin anaknya kelak melanjutkan kebiasaannya itu. Sayangnya anaknya adalah seorang pembenci muggle. Walalupun begitu, sebelum meninggal penyihir tua itu sudah menyiapkan cara untuk membuat anaknya melanjutkan kebiasaannya itu. Bagaimana??

Air Mancur Mujur Melimpah berkisah tentang sebuah mata air legendaris yang konon jika kau mandi di mata air itu pada hari dan waktu tertentu, kau akan mendapat kebahagiaan. Ada 3 penyihir perempuan bernama Asha, Altheda, dan Amata serta seorang ksatria kumal bernama Sir Leckless yang berhasil masuk ke taman tersegel tempat mata air itu berada. Banyak ujian yang mereka lewati untuk sampai ke tempat mata air itu, tetapi ternyata keajaiban itu tidak seperti yang mereka bayangkan.

Penyihir berhati berbulu berkisah tentang seorang penyihir pria muda yang memiliki segalanya, ketampanan, keahlian sihir, dan kekayaan. Ia menyaksikan bagaimana teman-temannya menjadi bodoh karena cinta dan memutuskan untuk tidak akan pernah merasakan cinta. Ia menggunakan sihir hitam untuk memastikan imunitasnya. Tahun-tahun berlalu, dan ia tidak pernah merasakan cinta. Sampai suatu hari ia yang merasa marah mendengar pelayannya meremehkan dirinya yang tidak bisa membuat wanita cinta padanya, memutuskan untuk mendekati seorang wanita penyihir yang cantik, hebat, dan kaya seperti dirinya. Namun, kisah ini menunjukkan bagaimana seorang manusia yang membuang "bagian manusia" dari dirinya tak akan bisa jadi manusia seutuhnyalagi. (mengingatkanku pada sesuatu!)

Babbity Rabbity dan Tunggul Terbahak berkisah tentang seorang raja bodoh yang ingin jadi penyihir. Ia mencari penyihir yang bisa menjadi gurunya, tetapi tidak ada penyihir yang bersedia. Akhirnya, seorang pencuri sekaligus penipu mengaku sebagai penyihir untuk menipu raja. Raja memberikannya banyak harta dan menyuruh penipu itu melatihnya. Suatu hari, raja ingin menunjukkan pada para bangsawan bahwa ia sudah bisa melakukan sihir. Penipu itu kewalahan dan ingin melarikan diri, tetapi raja sudah menutup semua jalan lari untuknya. Untungnya si penipu mengetahui bahwa salah satu pelayan istana si tua Babbity adalah seorang penyihir. Ia memaksa Babbity untuk melakukan sihir untuk raja tiap kali raja ingin melakukan sihir. tetapi, ini tidak berakhir seperti yang diharapkan si penipu dan raja.

berikut semua kisah yang ada di buku ini. Untuk Kisah Tiga Saudara sengaja tidak saya tulis sebab saya kira anda semua sudah membacanya (^_^). Di akhir semua kisah itu terdapat komentar Albus Dumbledore mengenai kisah tersebut. Mulai dari toleransi penyihir-muggle di cerita Kuali Melompat dan Air Mancur sampai tragedi yang akan dialami manusia jika menghilangkan bagian manusia dirinya yang ada di penyihir berhati berbulu (Hu-uh, jika baca kisah ini aku benar-benar terbayang sesuatu deh, anda juga??).

Singkat kata, para penggemar Harry Potter harus membaca buku ini.

Artikel Terkait :




No comments:

Post a Comment