Monday, January 26, 2009

Apakah Kalian Benar-benar Mengenal Gollum ???


Para penggemar The Lord of the Rings pastinya kenal Gollum kan . Tetapi, apakah kalian benar-benar mengenal Gollum??? Nanti dulu. Gollum yang kita-kita kenal itu bukan Gollum pertama yang diciptakan Tolkien di The Hobbit. Gollum yang pertama itu sangat berbeda, malah bisa dikatakan baik - paling tidak lebih baik dari Gollum yang kita kenal sekarang.

Perubahan-perubahan ini mulai terjadi ketika setelah The Hobbit diterbitkan dan Tolkien mulai menulis LotR. Kalian tahu...? Bayangan pertama Tolkien untuk cerita LotR adalah Bilbo memulai petualangan untuk mengembalikan cincin yang ditemukannya di gua kepada Gollum (waw!!!).

Kemudian Tolkien berpikir ulang. Semakin dia berpikir, semakin dia melihat cincin itu sebagai kekuatan besar dan jahat yang kita tahu persis di LotR. Lalu, cerita LotR berubah menjadi perebutan cincin berkekuatan ini antara berbagai pihak di Middle Earth. Tetapi, muncul masalah. Dalam versi asli The Hobbit, Gollum membiarkan Bilbo memiliki cincin ini dengan sangat mudah, bahkan menawarkannya sebagai hadiah tebak-tebakan. Hal ini JELAS-JELAS tidak akan cocok dengan LotR. Cincin Utama mestinya sangat besar daya tariknya, sehingga tidak ada yang bisa melepaskannya begitu saja (ada beberapa pengecualian sih, tahu kan ^_^). Apalagi GOLLUM.

Well, Tolkien menyadari masalah pelik ini tidak lama setelah dia memulai LotR. Tetapi dia putuskan untuk meneruskan saja. Tolkien menulis LotR selama 10 tahun dan selama itu dia membiarkan para penggemar menikmati versi asli the Hobbit. baru setelah draft LotR selesai, Tolkien mengubah The Hobbit sehingga nyambung sama LotR.

Tentunya, most of the changes terjadi di bab dimana si Bilbo bertemu Gollum dan menemukan Cincin Utama. perubahan itu membuat cincin itu (yg waktu itu belum diketahui pentingnya) terkesan jauh lebih penting bagi Gollum (dan bagi semuanya, tentunya). Juga menunjukkan bagaimana cincin itu membuat Gollum menjadi sangat jahat.


Perubahan-perubahan itu misalnya:
  1. Gollum baru ini menganggap cincin ini lebih berharga. Ia tidak menawarkannya pada Bilbo sebagai hadiah tebak-tebakan (seperti pada versi asli). Sebagai gantinya, ia akan menunjukkan jalan keluar bagi Bilbo.
  2. Gollum baru ini jauh lebih licik. Bilbo sadar bahwa ia sangat licik dan akan melakukan apapun untuk mempertahankan cincin itu. Tapi, pada versi pertama Gollum bersedia memberikannya sebagai hadiah tebak-tebakkan.
  3. Gollum baru ini sangat marah ketika ia sadar cincinnya hilang (teriakan di pulau, ingat?). Sedangakan Gollum lama hanya kebingungan saja.
  4. Cincin Utama sendiri berbeda. Dalam versi asli ia hanya membuat pemakainya tidak tampak. Sedangkan pada versi baru, Tolkien menyebutnya "cincin kekuatan" (belum pake huruf besar,lho ^_^).
  5. Gollum baru ini jauh lebih berbahaya. Pada versi baru, dia berniat memakan Bilbo dan bukannya membiarkan dia keluar gua. Sedangkan pada versi lama, dia meminta maaf karena tidak bisa memberikan hadiah yang dijanjikan !!!

Lha, gimana menjelakan adanya dua versi yang berbeda itu ?? Untuk Tolkien, gampang aja. Kalian ingat tidak bahwa di The Fellowship of the Ring Gandalf mengatakan bahwa Bilbo tidak menceritakan hal yang sebenarnya tentang caranya mendapatkan Cincin Utama dari Gollum. Menurut Gandalf, kisah pertamanya hanya dusta (bagian Gollum memberikan cincin secara sukarela) akibat pengaruh Cincin Utama.

NAH! Tolkien mengatakan (di prolog LotR, alias bab-bab pertamanya) bahwa versi yang pertama-tama itu hanyalah dusta Bilbo. Versi kedua adalah kisah sebenarnya yang baru diceritakan Bilbo setelah dipaksa Gandalf. Tolkien memang jenius, dapat menemukan alasan yang pas. Selain itu, versi "kebohongan Bilbo" ini juga dibuat penting dengan memasukkannya ke the Red Book of Westmarch. Dan, yang pasti Gollum yang ini membuat LotR jauh lebih menarik. Bisa bayangin ending LotR tanpa Gollum yang baru ....????

Artikel Terkait :




No comments:

Post a Comment