Friday, January 16, 2009

Sejarah Kelam Dunia, Adolf Hitler dan Holocaust


Wow, sekarang kita sedang rame-ramenya melihat berita soal konflik besar Israel dan Palestina di Gaza. Kita seringkali beranggapan saat melihat berita soal konflik Gaza di televisi, "tega amat si Israel membantai begitu banyak orang."

Nah, para tokoh dunia seringkali beranggapan bahwa Israel tidak pernah belajar dari pengalaman mengerikan yang pernah dirasakannya pada masa perang dunia II. Kok bisa mereka segitu kejamnya padahal mereka pernah nyaris habis dibantai di Holocaust-nya Hitler dan nazinya. Yo, mungkin banyak dari kita yg tidak tahu detilnya pembantaian yahudi ini. Yup, di buku Adolf Hitler dan Holocaust inilah kita bisa dapatkan semuanya.

Buku ini tidak cuma menjabarkan tentang tragedi holocaust itu saja, tetapi juga menceritakan tentang kisah hidup Hitler, bagaimana ia memulai karirnya, dan bagaimana akhirnya ia memperoleh kekuasaan, memulai Third Reich nya, dan akhirnya langkah-langkahnya dalam memusnahkan kaum Yahudi. Dan, sebab buku ini lebih khusus soal bagian holocaust-nya, buku ini menjabarkan fakta-fakta soal holocaust yg jarang dilihat di buku lain.


Setelah Hitler memperoleh kekuasaan, ia bertekad memusnahkan orang Yahudi dari muka bumi ini. Maka, dimulailah sebuah pemusnahan masal terhadap bangsa (genocide) yag merupakan sebuah genosida paling mengerikan, teorganisir, dan sempurna dalam sejarah. Para korban tidak pernah tahu bahwa mereka akan dibantai. Setelah dikumpulkan, mereka dibawa ke sebuah kamp pembantaian dengan alasan "akan dibawa ke tempat yg lebih baik". Sebelum memasuki kamp, mereka diminta untuk mandi di sebuah ruangan ber-shower.Hup, siapa kira bahwa yg keluar dari shower bukanlah air, tetapi gas syaraf. dan tidak sampai beberapa menit semuanya telah mati. Cara yang bersih, murah, dan efisien. Sekitar 5-6 juta orang Yahudi mati dalam pembantaian itu.

Buku ini juga menampilkan wawancara dengan beberapa orang yg berhasil selamat dari holocaust, baik karena berhasil menghindari penangkapan maupun karena berhasil melarikan diri dari kamp. selain penjabaran tentang holocaust, efek dan hikmah dibalik tragedi itu bagi dunia juga dijabarkan dalam buku ini, terutama tentang bagaimana negara Israel akhirnya berdiri dari sisa-sisa orang yahudi yg bertahan hidup.

Yo, buku ini bagus banget buat dibaca, terutama buat para pencinta sejarah internasional yang objektif. Thanks (^_^).

Artikel Terkait :




2 comments: