Friday, July 31, 2009

Islam Benturan dan antar Kebudayaan

WAW!!!! Udah sebulan lebih nggak nulis di blog karena sibuk banget tahun ajaran baru ini dengan ngurusi MOS, dll. Ingin nulis tapi nggak sempat, sekarang begitu semua udah selesai bisa nulis lagi deh. Uh-huuh!

Aku baru saja menemukan buku menarik yang berjudul Islam Benturan dan antar Kebudayaan. Dari judulnya aja udah kelihatan kan isinya? Buku yang disusun oleh Dr.Zubaedi. M.Ag, M.Pd. ini menuturka berbagai upaya, dialog, dan pandangan mengenai hubungan antar Islam dan kebudayaan lain, seperti budaya barat maupun dengan kristen sebagai agama mayoritas di barat. Bahkan hubungan antara Islam tradional dan moderat juga hubungan antara agama dengan kemodernan.

Ditulis dengan mengutip pendapat dari berbagaibuku dan ahli, ada banyak hal menarik yang bisa kita pelajari dari buku ini. Seperti masalah hubungan antara Islam dan kemajuan ilmu pengetahuan. Well, seperti yang kita ketahui bahwa adakalanya agama dan kemodernan (termasuk ilmu pengetahuan) itu berjalan seiring, amun tidak jarang keduanya saling berbenturan dan bisa menyebabkan krisis kemanusiaan. Nah lo, lalu bagaimana menanggapi masalah-masalah ini??

Selain itu, masih banyak lagi yang dibahas, misalnya mengenai pengadaptasian ayat-ayat Al Quran ke kehidupan modern, mengikis pola hidup sekularisme umat Muslim Indonesia, menggali sejarah Rasulullah dari berbagai sisi, dan juga menyikapi hubungan Islam-Kristen.

Buku ini menarik dan berguna. Nggak perlu khawatir jalau pengetahuan agama masih dangkal (seperti aku ^_^) sebab penjabarannya cukup mudah kok. Cuma memang banyak ditinjau dari segi sosiologi.

Artikel Terkait :




No comments:

Post a Comment