Friday, September 03, 2010

Sebuah Kisah Masa Lalu, Wolf Brother

Apa yang Anda ketahui tentang arkeologi? Membosankan. Mungkin begitu yang anda kira. Kalau begitu, coba saja baca buku ini dan anda akan menganga karena kagum. Sebuah kisah tentang masa lalu, The Chronicles of Ancient Darkness: Wolf Brother. Karya Michelle Paver.

Buku ini memang bertemakan arkeologi. Tetapi, unsur arkeologinya dibalut dengan kisah petualangan seru nan mencekam. Latar buku ini sendiri adalah masa akhir zaman es, ketika manusia memulai peradabannya. Dimana manusia masih hidup berpindah dalam kelompok-kelompok kecil. Sebuah masa ketika manusia masih sepenuhnya tergantung pada alam.

Buku ini berkisah tentang seorang pemuda bernama Torak. Selama ini, ia hidup berdua bersama ayahnya, berpindah-pindah di hutan, terpisah dari sesama manusia maupun klannya. Tetapi kehidupannya berubah saat suatu malam, seekor beruang yang kerasukan setan datang dan membunuh ayahnya. Sebelum beruang itu datang, ayah Torak menyuruh Torak melarikan diri. Pemandumu akan menemukanmu. Itulah pesan terakhir yang didapatkan Torak dari ayahnya.

Sejak kematian ayahnya, Torak melintasi Hutan sendirian. Sampai suatu hari langkahnya membawanya ke sebuah liang serigala. Liang itu baru saja diterjang banjir. Semua kawanan serigala yang tinggal di sana mati, kecuali satu. Seekor serigala muda.


Serigala muda itu mengira Torak adalah seekor serigala dan saudara sekawannya. Serigala itu mengikuti Torak kemanapun dia pergi. Awalnya, hal ini membuat Torak sangat kesal, tetapi ia tidak mencelakakan serigala itu sebab bagaimanapun juga serigala itu adalah hewan klannya, klan serigala. Tetapi, seiring berjalannya waktu, Torak menyadari bahwa ia memahami Serigala dan juga bisa menyampaikan apa yang ingin ia katakan pada Serigala. Ternyata, Torak memahami bahasa serigala. Hubungan antara ia dan Serigala menjadi semakin dekat. Serigala sudah bukan lagi sekedar pendamping Torak. Ia adalah sahabat dan saudara Torak.

Takdir membawa Torak dan Serigala untuk pertama kalinya berurusan dengan manusia lain, orang-orang dari klan Gagak. Di sinilah Torak mengetahui bahwa beruang setan yang membunuh ayahnya telah menjelma menjadi teror yang menghantui seluruh hutan. Sebuah legenda mengatakan bahwa hanya ia yang memahami para serigala yang dapat memohon bantuan roh dunia untuk mengalahkan beruang setan itu. Bersama seorang gadis dari klan Gagak yang kemudian menjadi sahabatnya, Renn, Torak pergi jauh ke utara, melewati tempat yang belum diinjak manusia, menuju Gunung Roh Dunia.

Inilah awal dari takdir Torak. Saat ketika ia mulai menyadari bahwa ia memiliki takdir rumit yang menentukan kehidupan semua makhluk dunia.Selain itu, dia juga mulai menyadari, bahwa ada begitu banyak hal yang disembunyikan ayahnya selama ini. Tentang dirinya, kekuatannya, masa lalunya, dan tentang siapa sebenarnya ayahnya sendiri.

Wolf Brother ini sebenarnya adalah buku pertama dari serial The Chronicles of Ancient Darkness. Buku ini tidak hanya menawarkan sebuah kisah petualangan yang seru, mencekam, dan menegangkan. Tetapi juga menawarkan sebuah kisah persahabatan dan kesetiaan. Selain itu, dengan membaca buku ini, kita seperti dibawa ke masa ribuan tahun silam, di masa akhir Zaman Es. Kita dapat mengetahui kehidupan manusia di masa itu, seperti kemampuan mereka dalam menciptakan benda yang mereka perlukan, kebudayaan mereka, hidup mereka yang menetap maupun berpindah-pindah, dan kepercayaan mereka akan roh-roh alam.

Cerita buku ini indah dan mudah dicerna. Bisa dinikmati oleh semua umur. Jadi, buku ini saya rekomendasikan untuk dibacakan kepada adik-adik atau anak-anak Anda. (^_^)

 

Artikel Terkait :




No comments:

Post a Comment