Tuesday, October 12, 2010

Sebuah Bakat Tak Terduga, Hikaru's Go

Sebenarnya sudah lama ingin membahas tentang manga ini, sayangnya belum punya kesempatan. Kesempatan ini baru muncul ketika booming ni manga sudah selesai. Tetapi, tidak apa. Jadi, sekarang, mari kita bahas manga jepang bergenre olahraga yang keren ini, Hikaru's Go.

Manga keren dan penuh makna ini berkisah tentang seorang anak kelas 6 SD bernama Hikaru Shindo. Suatu hari saat sedang membersihkan gudang milik kakeknya, ia menemukan sebuah papan go tua. Ternyata, papan go itu didiami roh seorang pemain go berbakat zaman Heian bernama Sai Fujiwara. Hikaru adalah satu-satunya orang yang mampu melihat noda darah di atas papan itu. Itulah bukti bahwa Hikaru adalah orang yang terpilih untuk dirasuki oleh Sai Fujiwara.

Sai dahulu adalah salah satu dari dua guru go kaisar masa Heian. Ketika bertanding melawan rekannya untuk memperebutkan posisi sebagai satu-satunya guru go kaisar ia menyaksikan kecurangan yang dilakukan oleh lawannya. Go adalah sebuah permainan yang didasarkan rasa saling percaya. Melakukan kecurangan sama saja dengan menginjak kepercayaan lawannya. Ternyata, justru Sai yang dituduh melakukan kecurangan. Terganggu oleh hal itu, Sai kalah. Menebus kesalahannya, ia bunuh diri. Tetapi, roh Sai yang terus ingin bermain go bersemayam di dalam papan go terakhirnya, sampai tiba masa ketika ia berhasil mencapai 'Langkah Dewa".


Hikaru tidak suka go sama sekali. Padahal Sai sangat ingin bermain go. Mau tidak mau Hikaru harus mulai main go sebab jika tidak ia tidak bisa tenang (^_^). Hikaru menjadi tangan Sai dalam bermain go. Tetapi, suatu hari saat bermain di sebuah kedai go, Hikaru bermain melawan anak seusianya bernama Akira Toya. Tentu saja, Sai, dengan kemampuannya yang luar biasa, berhasil menang dengan mudah.

Ternyata, Akira Toya adalah seorang pemain muda go yang amat berbakat. Kemampuannya sudah setara dengan para pemain go profesional. Tidak heran, kekalahannya dari anak sebaya membuat gempar orang-orang di sekelilingnya. Termasuk beberapa pemain go profesional, Ogata Dan 9 dan ayah Akira yang merupakan pemain go terhebat saat ini, Koyo Toya Meijin.

Hikaru yang awalnya hanya bermain go karena paksaan Sai pun perlahan mulai ingin bermain go. Pertemuannya dengan Akira Toya yang menjadikan mereka rival seumur hidup menarik Hikaru untuk mulai bermain go dengan kemampuannya sendiri. Ia pun bertekad untuk mengejar Akira dan menempuh jalan yang tak pernah diduganya, jalan go profesional. Bersama Sai yang juga akhirnya menentukan Koyo Toya sebagai rivalnya, Hikaru dan Sai berjalan menuju langkah panjang, untuk meraih "langkah dewa".

Manga ini keren sekali dan (seperti yang sudah saya katakan) penuh makna. Tidak perlu khawatir tidak bisa memahami manga ini karena Anda tidak paham go. Manga ini sangat bisa dinikmati tanpa pengetahuan itu. Justru setelah membaca manga ini Anda dijamin ingin mulai belajar bermain go. Tanpa pengetahuan go kita dapat menikmati tegangnya pertandingan Sai vs Koyo Toya atau Hikaru vs Ko Yonha. Pokoknya benar-benar oke!

Banyak pelajaran moral yang dapat kita petik dari manga ini. Mulai dari semangat pantang menyerah, tekad, persahabatan, rasa saling percaya, dan yang lainnya. Manga ini juga benar-benar bisa membuat kita hanyut dalam kisahnya. Kita diajak tegang dalam pertandingan Sai vs Koyo Toya. Kita juga diajak merasakan kesedihan Hikaru saat Sai menghilang. Dan juga bisa merasakan tekad Hikaru untuk meraih yang tertinggi. Pokoknya wajib dibaca jika Anda mengganggap diri Anda penggemar manga.

Artikel Terkait :




No comments:

Post a Comment