Saturday, June 25, 2011

Impian manusia akan langit, Air Gear



Manusia selalu bermimpi untuk terbang. Setinggi yang mereka mampu. Dengan tubuh mereka sendiri. Nah, mimpi ini-lah yang menjadi salah satu landasan tema manga cool ini, Air Gear.

Ahem! Sebelumnya, saya perlu mengingatkan bahwa manga ini berlabel ecchi. Nah, artinya akan ada banyak gambar yang mungkin... hm, nggak sopan buat kita-kita orang Indonesia. He-he, tapi jika kita tak terlalu memperhatikan gambar-gambar itu (susah juga sih!) cerita dan karakter di manga ini keren banget!

Latar manga ini adalah sebuah street-sport yang disebut Air Treck (A-T), sebuah roller blade jenis baru yang menggunakan motor. Perbedaan utama A-T dengan alat sport lain seperti roller blade biasa atau skate board adalah kemampuan A-T untuk menjadi 'sayap' bagi rider-nya. Membawa manusia seakan terbang. Para rider A-T dijuluki storm rider.

Tokoh kita adalah Itsuki "Ikki" Minami. Cowok terkuat di Middle East Gang yang dijuluki "Baby Face". Tak terkalahkan dan selalu jadi andalan teman-temannya, Ikki dapat dikatakan adalah "penguasa" sekolahnya. Ia tinggal bersama "keluarga angkat" nya, empat cewek Noyamano bersaudara, Rika, Mikan, Ringo, dan Ume.

Suatu hari Ikki dihajar oleh sebuah kelompok preman storm rider bernama Skull Sadders. Skull Sadders menguasai sekolah Ikki. Ikki kehilangan reputasinya. Ia pun jatuh dalam depresi. Sampai suatu malam, Noyamano bersaudara (minus saudara tertua, Rika, yang pergi bekerja. Tetapi ini kita bahas nanti ^_^) mengenalkan A-T pada Ikki. Siapa sangka, ternyata mereka adalah anggota Sleeping Forest, kelompok A-T rider legendaris (dan misterius!). Dengan A-T dari Ringo (dan kelicikan Ikki!), Ikki berhasil mengalahkan pemimpin Skull Sadders. Sejak saat itu, Ikki pun memasuki dunia A-T yang luar biasa.

Ada sebuah legenda yang diketahui  semua storm rider, yakni legenda Trophaeum tower. Di dunia A-T, para rider memiliki "road" mereka masing-masing, yakni jalur yang mereka gunakan untuk menjadi rider terhebat. Jumlah road sama banyaknya dengan jumlah rider, tetapi ada 8 road utama, yakni Wing Road, Flame Road, Over Road, Sonia Road, Bloody Road, Rising Road, Gem Road, dan Pledge Road. Rider terhebat di setiap road bergelar King. Gelar ini dibuktikan dengan kepemilikan atas regalia, A-T super spesial yang dapat meningkatkan secara drastis skill rider. Itulah mengapa Sleeping Forest menjadi legenda. Dahulu, tim itu terdiri dari kedelapan kings. Menurut legenda, ketika 8 kings berkumpul di puncak Trophaeum tower, Sky King yang legendaris akan muncul. Merebut puncak Trophaeum, itulah tujuan semua storm rider.

Awalnya, Ikki melawan rider lain hanya dengan modal nekat dan kelicikannya. Tetapi, perlahan Ikki menunjukkan potensinya untuk menjadi rider terhebat. Beberapa elite rider mulai menjuluki Ikki the man closest of becoming the Sky King. Lawan pun menjadi kawan. Bersama teman-teman terdekatnya, Kazu, Buccha, Onigiri, dan lawan yang kemudian menjadi kawan, sang Fang King of Bloody Road Akito dan Agito (mereka 2 kepribadian dalam satu tubuh!), mereka membentuk sebuah tim bernama "Kogarasumaru", dengan tujuan merebut puncak Trophaeum.

Perjalanan Ikki memasuki dunia A-T nggak gampang juga. Hambatan muncul ketika Rika, Noyamano bersaudara yang tertua, kembali ke rumah. Ia benar-benar melarang Ikki menjadi A-T rider. Rika melarang Ikki karena menyadari bahwa Ikki memiliki "angin" yang luar biasa. Tetapi, semakin tinggi seseorang terbang, semakin sakit ketika ia jatuh. Satu kesalahan dalam A-T cukup untuk menghancurkan seseorang. Rika sangat paham, karena ia pernah menyaksikan hal itu di depan matanya.

Saat itulah Ikki mengenal Sora Takeuchi, orang yang merupakan alasan mengapa Rika melarang Ikki menjadi rider. Ternyata, Rika dahulu juga seorang rider. Tidak main-main, ia adalah salah satu Kings, sang Thorn Queen of Sonia Road. Saat menjadi rider itulah, ia mengenal Sora Takeuchi, yang ternyata adalah pemimpin dan pendiri Sleeping Forest, sang Wind King, yang juga disebut sebagai The Legendary Sky King.

Rika dan Sora memiliki hubungan dekat, sampai akhirnya sebuah tragedi terjadi. Sebuah pertandingan (pertempuran, malah!) yang membubarkan Sleeping Forest dan merampas 'sayap' Sora. Sejak saat itu, Sora terikat dengan kursi roda dan Rika berhenti menjadi rider. Itulah mengapa ia menentang Ikki menjadi rider. Tetapi, Ikki menentang Rika. Ia menantang Rika untuk bertanding dan "mempertaruhkan emblemnya". Kagum dengan semangat Ikki, Sora justru berpihak pada Ikki. Rika kalah. Mengakui semangat Ikki, Rika mengizinkan Ikki menjadi rider. Sejak saat itu, Ikki juga semakin dekat dengan Sora. Belakangan, Sora bahkan sudah menjadi seperti mentor dan kakak bagi Ikki. Pantas, karena mereka memang mirip banget. Ikki pun digadang-gadangkan sebagai calon pengganti Sora sebagai Wind King. (*cough >_<)

Masuknya Ikki ke dunia A-T membuka jalan ke takdirnya yang luar biasa. Ikki juga akhirnya membuka rahasia dunia A-T, terjebak dalam konflik antara dua tim yang merupakan raksasa dunia A-T, Sleeping Forest dan Genesis, dan rahasia Sky Regalia, regalia di antara kedelapan regalia lain. Akhirnya, Ikki juga dihadapkan dengan kenyataan kejam. Tragedi yang akhirnya justru memberikan Ikki sayap baru, sayapnya sendiri, sebagai Storm King of Hurricane Road.

Keren. Keren. KEREN. Itulah anggapanku soal ni manga. Terutama setengah bagian awal seri ini, sebelum ceritanya jadi semakin serius. Di bagian awal sangat fun. Banyak humor yang asyik banget. Karakternya juga unik dan luar biasa. Para fans pasti mengenal Simca sang "Migratory Bird", yang awalnya hanya kelihatan main-main dengan Ikki, tetapi ternyata ia benar-benar peduli. Juga dengan usaha Ringo mendukung Kogarasumaru dari balik layar. (kocak abis!). Ada Spitfire, sang Flame King, dan Aeon Clok yang keren. Dan tentu saja, SORA! Dia karakter terfavoritku. Oh, jangan lupa "training spesial" dari Sora untuk Ikki di rumah sakit yang mengocok perut (*hiks, hari-hari dahulu yg bahagia >_<)

Aksi pertandingannya KEREN. Contoh: waktu Ikki dan Sora melawan Rika (yang dibantu Mikan dan Ringo) dalam part war level B: Disc. Sora keren banget. Ia mampu menandingi Mikan dan Ringo walaupun berada di kursi roda. Ikki vs Kazu (Hurricane Road vs Flame Road yang keren abis!). Juga pertandingan Kogarasumaru vs Sleipnir dalam part war lever C: Air, dimana mereka bertanding di atas beberapa jet yang terbang di langit. A-T can really make you fly, guys!

The last, alur cerita keren banget. Terutama bagian awalnya sampai di tengah seri. Dimulai dari cerita humor dan fun sampai cerita super serius kurang-lebih di tengah seri. Flash back benar-benar menipu! Satu halaman kita mengira pihak antagonis adalah seseorang, beberapa halaman kita berupah pikiran. Oh, jangan lupa, Air Gear memiliki the best plot twist in battle Shonen series. Satu saran untuk kalian para calon pembaca Air Gear, don't judge the book by its cover. Saya masih kaget setiap ingat kejadian itu. Menghantui setiap membaca chapter-chapter awal, lho!

Air Gear chapter-chapter belakang memang banyak membawa kekecewaan fans (battle di kapal, terutama). Chapter belakang memang jadi tidak masuk akal, masuknya unsur militer dan politik (aku masih bisa tolerir). Tetapi, aku termasuk orang yang percaya Air Gear masih bisa membaik (lihat saja Bleach!).

Artikel Terkait :




2 comments:

  1. anime yang sempat ada di Indosiar, trus ilang gara2 terlalu vulgar, padahal keren

    ReplyDelete